Peluang Usaha Penulis Artikel Online

Peluang Usaha Penulis Artikel - Peluang usaha penulis artikel merupakan sebuah usaha bisnis yang kini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tidak banyak mengeluarkan biaya, fleksibel dan menguntungkan menjadi suatu alasan kuat oleh sebagian besar orang untuk terjun dalam dunia bisnis menulis. Tidak hanya itu, peluang usaha ini juga bisa digunakan sebagai media untuk mencurahkan hobby atau berbagi ilmu melalui tulisan.

Peluang Usaha Penulis Artikel Online


Sebelum melangkah jauh pada pokok bahasan lebih dalam lagi, penulis akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu tentang bisnis penulis artikel online. Sesuai dengan sebutannya, penulis artikel online yaitu kegiatan menulis berbagai topik melalui media online. Penulis artikel bisa disebut sebagai content writter, pembuat artikel, penulis lepas atau penulis freelance. Jika ditanya usaha ini menguntugkan atau tidak maka jawabannya YA menguntungkan. Tergantung dari kemauan dan kerja keras kita untuk mencari dan menemukan ide untuk tema tulisan.

Menjadi seorang penulis artikel online bisa dikatakan tidak mudah namun juga tidak sulit. Sebab, seorang penulis online harus bisa menulis kalimat yang menarik, singkat, padat, jelas, informatif dan mudah dimengerti oleh pembaca. Di sinilah letak seni dalam meulis harus dicurahkan dan dimaksimalkan.

Peluang usaha ini masih masuk dalam kategori bisnis online. Karena, artikel yang ditulis bisa dipasarkan secara online, baik melalui facebook, twitter, blog atau media online lainnya. Peluang menjadi seorang penulis artikel sangat lebar bahkan merupakan suatu usaha bisnis yang prospeknya menjanjikan karena banyak website ataupun blog yang membutuhkan tulisan artikel. Bisnis ii juga bisa dijadika sebagai usaha sampingan bagi beberapa orang utuk mengisi waktu luang mereka. Bagi Anda yang ingin memulai dan terjun dalam Bisnis Usaha Penulis Artikel Online ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipahami agar bisnis ini sukses dan lancar.

Peluang Usaha Penulis Artikel

1. Topik Tulisan.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menulis yaitu tentukan topik terlebih dahulu sebagai penunjuk arah tentang apa yang akan ditulis. Tanpa sebuah topik yang jelas, kita akan kesulitan dalam menentukan judul dan deskripsi tulisan. Deskripsi harus relevan dengan judul tulisan. Carilah topik yang banyak diminati dan dibutuhkan oleh sebagian besar orang, seperti peluang usaha, usaha sampingan, bisnis online, kesehatan dan lain-lain. Deskripsikan sebuah tulisan yang bersifat informatif dan mudah dipahami oleh pembaca. Jika Anda sudah mampu menemukan judul dan mendeskripsikan isi tulisan dengan bahasa yang mudah dipahami maka peluang usaha ini akan sangat menguntungkan. Namun, jika kurang maksimal maka hasilnya kurang maksimal karena banyaknya persaingan yang juga memilih ide usaha ini sebagai peluang bisnis mereka.

2. Pilih Referensi

Mungkin topik artikel sudah ditemukan, tetapi Anda masih bingung darimana akan memulai sebuah kalimat kemudian menyusunnya hingga menjadi sebuah paragraf artikel. Di sinilah referensi atau sumber dari topik artikel yang akan dibuat dibutuhkan. Carilah referensi yang berhubungan dengan topik yang akan Anda tulis. Tapi jangan copas artikel rang lain tetapi cukup pahami referensi artikel tersebut kemudian tulis dengan bahasa Anda sendiri.

3. Promosikan Tulisan Anda

Sesuai dengan judul artikel ini yaitu peluang usaha penulis online bahwa media promosi untuk artikel ini yaitu melalui media online. Namun sebelumnya, jika Anda memandang tulisan Anda sebagai "produk" yang akan Anda jual pada seorang editor maka Anda perlu memahami teknik marketing dengan meyakinkan seorang editor bahwa tulisan Anda berkualitas, menarik, dan layak dipublikasikan. Namun, jika Anda ingin menulis di blog atau website milik Anda sendiri maka Anda harus memaksimalkan tulisan Anda semaksimal mungkin agar banyak pengunjung sehingga pemasang iklan yang merupakan sumber pemasukann akan tertarik untuk memasang iklannya pada web atau blog milik Anda.

4. Harga Artikel
Artikel Anda juga bisa dijual kepada orang atau intansi yang membutuhkan artikel. Harga jual artikel dari tiap-tiap tulisan bervariasi. Namun, pada dasarnya, pemilik tulisan lah yang berhak menentukan harga  tulisannya. Setiap harga artikel berbeda-beda tergatung panjang kata per artikel dan bahasa artikel Berikut ini penulis berikan list harga artikel secara umum :

a. Artikel Bahasa Inggris
     200 kata : Rp 8.000,-
     300 kata : Rp 12.000,-
     500 kata : Rp 18.000,-
   1000 kata : Rp 25.000,-

b Artikel Bahasa Indonesia
     200 kata : Rp   6.000,-
     300 kata : Rp   7.000,-
     500 kata : Rp   9.000,-
   1000 kata : Rp 14.000,-

Bisa dibayangkan kan apabila Anda sehari bisa menulis artikel berbahasa Indonesia dengan 200 kata saja dikalikan dalam sebulan. Anda bisa perhitungkan sendiri peluang usaha penulis artikel ini.

Itulah beberapa info dan hal-hal yang perlu dilakukan dalam memulai Usaha Penulis Artikel Online ini. Jika Anda tertarik cobalah. Jika Anda sudah menemukan sebuah ide, segera curahkan dalam tulisan Anda. Idemu adalah asetmu maka ciptakanlah idemu untuk menghidupkan peluang. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam sukses.

0 Response to " Peluang Usaha Penulis Artikel Online "

Post a Comment