Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Semester Akhir

Peluang Usaha Mahasiswa Semester Akhir - Bagi seorang mahasiswa, khususnya mereka yang sudah menginjak semester akhir merupakan masa-masa yang baik untuk merencanakan masa depan. Selain fokus pada tugas akhir atau skripsi, tidak ada salahnya seorang mahasiswa mulai untuk memikirkan dan membuat kerangka tentang apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti, melanjutkan kuliah ke S2, bekerja, membuka usaha bisnis atau mungkin menikah. Ketiganya merupakan perencanaan yang umum dilakukan sebagian besar mahasiswa untuk menentukan langkah berikutnya setelah lulus.

Berhubungan dengan peluang usaha atau bisnis bagi mahasiswa tingkat akhir merupakan suatu hal yang perlu dicoba sebagai usaha sampingan pada masa transisi setelah lulus nanti. Bisnis sampingan bagi mahasiswa yang sudah lulus merupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat mencari pekerjaan atau menunggu panggilan wawancara kerja. Dengan kata lain sambil menyelam minum air. Sebab, jika hanya terpaku pada pencarian kerja saja maka akan membuang-buang waktu dan ide usaha yang mungkin ditemukan akan sia-sia saja. Selain itu, tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa jika sudah mapan dan memiliki usaha sendiri.


Sedikit berbeda dengan artikel bisnis usaha sampingan bagi mahasiswa yang penulis tulis sebelumnya. Jika sebelumnya mengulas tentang berbagai macam usaha sampingan mahasiswa secara umum, dalam artikel ini penulis akan lebih fokus pada peluang usaha apa saja bagi mahasiswa tingkat akhir yang cukup menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai bisnis utama setelah lulus. Berikut penulis sajikan beberapa contoh peluang bisnis mahasiswa semester akhir.

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

1. Jasa Bimbel

Jika Anda kuliah di jurusan pendidikan, usaha jasa bimbel atau bimbingan belajar merupakan salah satu pilihan ide yang bisa dijadikan peluang usaha. Manfaatkan dan bagilah ilmu yang telah didapat selama kuliah kepada para pelajar dengan membuka jasa pengajar SD, SMP, atau SMK/SMU. Fokuskan pada mata pelajaran sesuai jurusan yang diambil. Misal kuliah di jurusan matematika maka bukalah jasa bimbel matematika dan sebagainya. Sambil megerjakan skripsi, Anda bisa mendapat keuntungan dari mengajar bimbel ini dan sambil menuggu pendadaran atau wisuda, keutungan bisa ditabung sebagian untuk menyewa atau membangun kantor bimbel sendiri setelah lulus nanti.

2. Bisnis Pulsa Online

Di zaman sekarang ini, hampir semua orang mengiginkan segalanya praktis dan tidak repot. Usaha pulsa online adalah salah satu respon dari keinginan orang yang ingin segalanya tanpa ribet jika ingin membeli pulsa. Hal ini merupakan peluang yang bisa dimaksimalkan sebagai bisnis yang menjanjikan. Memang, saat ini belum terlalu banyak orang menjadikan usaha ini sebagai bisnis. Namun, dengan melihat fakta tersebut maka tidak menutup kemungkinan peluang usaha pulsa online akan menjadi salah satu jasa yang banyak dicari para konsumen di masa mendatang.

3. Jasa Ketik Dan Printing

Usaha ini sangat menjanjikan jika dilakukan dengan serius dan fokus. Sebab, ketika masih menjadi mahasiswa khususnya mahasiswa semester akhir, tentunya akan sering bertemu dengan kegiatan ketik mengetik pada waktu mengerjakan skripsi. Sambil mengetik tulisan skripsi, Anda bisa membuka jasa ketik untuk orang lain. Anda bisa menawarkan jasa ketik kepada teman sekelas Anda, sejurusan atau sekampus.

Selain itu, selama proses pengerjaan skripsi, pastinya tidak akan lepas dengan yang namanya print. Jika Anda memiliki sebuah printer, bisa digunakan sebagai peluang bisnis jasa printer. Harga yang dipatok tidak perlu tinggi. Cukup sedang dan sesuaikan dengan uang saku mayoritas mahasiswa agar menarik minat teman atau kosumen lain yang membutuhkan jasa ketik dan printer. Sambil menyelam minum air kan?

4. Jualan Aneka Minuman

Di waktu senggang pada semester akhir, bisa diisi dengan kegiatan bisnis. Salah satuya dengan berjualan aneka minuman. Anda bisa menawarkan berbagai aneka minuman di kampus Anda, misalnya saat Anda mengobrol dengan teman Anda di kampus, Anda bisa promosikan aneka minuman tersebut ke teman Anda. Atau pada saat akan bimbingan, selagi menunggu dosen pembimbing datang, Anda bisa menawarkannya ke mahasiswa lain di kampus Anda.

5. Jualan Aksesoris

Jika Anda memiliki ketrampilan dan kreativitas dalam membuat aksesoris sederhana, ketrampilan tersebut bisa menjadi nilai usaha yang bagus. Barang aksesoris yang bisa dijual ada berbagai macam jenis, seperti kalung, gelang, anting, kunciran rambut, dan masih banyak lagi tergantung dari ketrampilan yang Anda miliki. Produk usaha ketrampilan tersebut bisa dijual lewat berbagai media, baik online maupun offline.

Berbagai macam bisnis bagi mahasiswa sangat banyak ragamnya. Jika Anda seorang mahasiswa semester akhir dan ingin membuka usaha bisnis sendiri, bisa melakukan berbagai contoh usaha yang penulis paparkan di atas atau jika memiliki ide usaha sendiri silahkan kembangan sesuai ketrampilan dan bakat Anda. Itulah beberapa contoh Peluang Bisnis Mahasiswa Akhir Semester yang penulis sajikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

0 Response to " Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Semester Akhir "

Post a Comment