Bisnis Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar Yang Menjanjikan

Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar - Bisnis budidaya ikan konsumsi air tawar merupakan jenis usaha yang cukup menggiurkan. Banyaknya permintaan pasar membuat bisnis budidaya ini terus berkembang pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pemancingan dan warung makan yang menyediakan masakan ikan air tawar yang selalu diramaikan oleh pembeli. Tentunya keadaan tersebut merupakan sebuah prospek yang menguntungkan.

Bisnis budidaya ikan konsumsi air tawar sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja dan cukup mudah. Hal pokok yang harus dipersiapkan dalam membangun usaha ini yaitu, ketersediaan lahan yang cukup untuk kolamnya, adanya sumber air dan memiliki jaringan pemasarannya. Ketiga elemen tersebut adalah sebuah kerangka atau konsep yang harus dipersiapkan untuk membangun peluang usaha budidaya ikan air tawar.

Bisnis Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar Yang Menjanjikan

Selain itu, pemilihan jenis ikan yang akan dibudidayakan juga perlu untuk dipertimbangkan mengingat banyaknya jenis ikan air tawar. Jika Anda akan memulai usaha ini maka tentukan ikan apa yang akan dibudidayakan. Sebaiknya ikan yang dibudidayakan yaitu jenis yang banyak diminati konsumen. Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan sebagai peluang bisnis.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar

1. Ikan Nila

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak diminati oleh konsumen. Ikan ini sangat mudah untuk dikembangbiakan dan tidak sulit untuk dipasarkan juga. Jenis ikan nila ada berbagai macam yaitu nila merah, nila hitam, nila gift, nila nirwana dan nila gesit. Potensi untuk berkembang juga cukup bagus sebab ikan nila memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, tidak mudah terserang penyakit, cepat berkembang biak, dan bisa memakan segala jenis makanan (omnivora). Namun, dalam mengembangbiakan ikan ini harus memiliki sumber air deras dan terus mengalir untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Pemasaran ikan ini bisa dipasarkan di berbagai tempat pemancingan.

2. Ikan Bawal

Jenis ikan ini juga termasuk yang diburu banyak pembeli. Ikan bawal memiliki daging berwarna putih dengan serat daging yang cukup halus. Namun, keberadaan duri dalam ikan ini sedikit mengganggu. Tidak berbeda dengan nila, bawal juga merupakan ikan yang mudah dikembangbiakan serta termasuk omnivora. Jadi tiak sulit untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Untuk memaksimalka kelangsungan hidup ikan bawal ini juga diperlukan sumber air deras yang terus mengalir.

3. Ikan Gurami

Ikan gurami adalah ikan konsumsi yang paling banyak dicari oleh masyarakat karena ikan ini memiliki daging yang gurih, enak, lezat dan padat serta memiliki duri-duri yang besar sehingga memudahkan untuk dimakan. Keuntungan dalam membudidayakan ikan ini yaitu tidak terlalu banyak membutuhka modal, peminatnya cukup banyak, harga lumayan tinggi jika dibandingkan ikan lain, dan angka kematiannya rendah. Namun, kekurangan dari membudidayakan ikan gurami yaitu sangat rentan terhadap penyakit kulit dan koreng. Selain itu, panen yang relatif cukup lama juga menjadi salah satu kekurangan dalam usaha budidaya ikan gurame. Dengan melihat hal tersebut maka perlu pertimbangan yang matang jika Anda akan membudidayakan ikan gurami ini.

4. Ikan Lele

Semakin hari, semakin banyak orang yang berminat untuk mengusahakan lele. Selain budidayanya yang mudah, pasarannya juga cukup menjanjikan. Hal tersebut disebabkan karena lele banyak digemari oleh konsumen. Selain itu, ikan lele memiliki rasa daging yang enak, empuk, berwarna putih, tidak banyak durinya, dan bisa dimakan mulai dari balita hingga orang dewasa. Keuntungan dalam membudidayakan ikan lele yaitu cara perawatannya yang sederhana dan mudah untuk dikembangbiakan. Air juga tidak perlu mengalir terus atau berganti sebab lele bisa hidup dalam genangan air. Jadi bagi Anda yang belum memiliki sumber air deras, Anda bisa membuka usaha budidaya ikan lele ini.

Peluang usaha budidaya ikan konsumsi air tawar bisa Anda lakukan sebagai usaha utama atau sebagai usaha sampingan. Peluang usaha budidaya ikan air tawar saat ini masih terus berkembang karena permintaan pasar yang tidak pernah surut. Hal tersebut merupakan suatu peluang bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Demikian artikel yang penulis sajikan, penulis berharap semoga bisa bermanfaat. 

0 Response to " Bisnis Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar Yang Menjanjikan "

Post a Comment