Peluang Usaha Bagi Lulusan SMK Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Lulusan SMK - Ide usaha bisa ditemukan dan dijalankan oleh siapa saja, asalkan ada kemauan dan kerja keras. Tidak menutup kemungkinan seorang lulusan SMK pun juga bisa berpartisipasi dalam dunia bisnis. Memang secara mendasar, SMK adalah sekolah yang mengarahkan setiap murid atau siswanya untuk siap kerja setelah lulus nanti.

Hal ini bisa dilihat dari sistem kurikulum yang diberikan pada siswa SMK dimana hampir sebagian besar adalah praktek dan sebagian lainnya merupakan teori atau materi. Dengan mengetahui kenyataan tersebut, sudah jelas bahwa lulusan SMK memang disiapkan untuk bisa langsung masuk dalam lingkungan kerja.

Peluang Usaha Bagi Lulusan SMK

Namun, pada kenyataanya tidak semua lulusan SMK langsung mendapat pekerjaan. Ada sebagian yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan tapi ada juga sebagian lainnya yang menganggur. Berhubungan dengan hal tersebut, bagi lulusan SMK yang belum mendapat pekerjaan jangan berkecil hati, kali ini penulis akan memberi contoh peluang usaha bagi lulusan SMK yang mudah dan menguntungkan.

Peluang Usaha Untuk Lulusan SMK

1. Usaha Counter Pulsa Elektrik

Zaman sekarang pasti hampir semua orang memiliki alat komunikasi atau HP. Handphone membutuhkan pulsa agar dapat digunakan untuk berkomunikasi atau internet. Dengan melihat hal tersebut, ada peluang usaha yang bisa dilakukan yaitu jasa pengisian pulsa elektrik. Anda bisa membuka counter pulsa kecil-kecilan. Apabila belum ada tempat atau dana untuk menyewa tempat counter pulsa, Anda bisa melakukannya dengan promosi ke teman, kerabat, dan saudara Anda melalui media sosial seperti BBM, WA, atau sms. Tidak ada salahnya dicoba. Keuntungannya pun cukup lumayan untuk uang saku atau untuk ditabung sebagai modal apabila Anda ingin membuka usaha yang lebih besar.

2. Bisnis Dropship

Bisnis ini merupakan peluang usaha yang cukup mudah dan menguntungkan. Sistem dropship yaitu denga menjualkan produk orang lain melalui berbagai media di mana keuntungannya didapat dengan menaikan harga jual produk dari harga beli grosir atau dari pemilik produk. Keuntungan bisnis ini tidak perlu memiliki stock barang terlebih dahulu, jika ada yang pesan cukup menghubungi pemilik produk tersebut dan selanjutnya pemilik produk akan mengirimkannya kepada pembeli yang memesan melalui Anda tadi. Usaha ini perlu dicoba sebab tidak membutuhkan banyak modal. Hanya diperlukan sebuah kreativitas dalam mempromosikan produk yang akan dijual.

3. Membuka Usaha Sesuai Keahlian

Ketika di bangku SMK, pastinya sudah dibekali ilmu dan pengalaman sesuai jurusan. Manfaatkan dan kembangkan ilmu yang telah didapat dari pelajaran di SMK sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Misalnya, Anda lulusan desain grafis. Dari kehlian desain grafis tersebut, Anda bisa membuka jasa berbagai macam desain, sepeti desain kaos, desain painting, desain pembuat logo dan sebagainya.

4. Blogging.

Jika Anda suka menulis, salurkan bakat menulis melalui sebuah blog. Tema yang ditulis terserah kemauan Anda, tapi alangkah lebih baiknya tema yang ditulis berkaitan dengan jurusan yang sebelumnya Anda pelajari di bangku SMK. Misalnya, jika dari lulusan Teknik Mesin, Anda bisa menulis sebuah blog yang temanya tentang Teknik Mesin atau yang berhubungan dengan tema tersebut. Sebuah tulisan yang informatif dan menarik pembaca akan menaikkan ranking pengunjung. Kenaikan ranking pengunjung akan menarik para advertiser untuk memasang iklan mereka pada blog yang Anda miliki. Iklan yang ditawarkan ada berbagai macam jenisnya dan sistem pembayarannya dengan per klik. Jadi setiap pengunjung yang meng klik iklan yang ditayangkan di blog Anda maka Anda akan dibayar. Sistem ini disebut PPC (Pay Per Click). Dari sinilah keuntungan diperoleh.

Semua hal yang Anda temukan bisa menjadi sebuah peluang usaha. Hanya bagaimana mengelola dan mengembangkannnya menjadi sebuah peluang bisnis. Itulah artikel tentang berbagai jenis Usaha Untuk Lulusan SMK yang mudah dan menjanjikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Terimakasih. Salam sukses.

1 Response to " Peluang Usaha Bagi Lulusan SMK Yang Menguntungkan "

  1. Artikelnya sangat membantu saya buat nyari ide bisnis utk lulusan smk..
    Sippp..

    ReplyDelete