Kiat Sukses Usaha Budidaya Tanaman Hias

Usaha Budidaya Tanaman Hias - Usaha budidaya memang menjadi salah satu peluang usaha yang hampir bisa dilakukan oleh setiap orang. Salah satunya yaitu budidaya tanaman hias. Bisnis budidaya tanaman hias merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Sebab, tanaman hias sering dibutuhkan dan dicari oleh bayak orang untuk sekedar menghias rumah atau pun juga untuk menambah penghijauan di halaman rumah mereka.

Memulai sebuah bisnis tanaman hias, bukan lah perkara sulit namun juga tidak mudah. Sebab, budidaya tanaman hias merupakan usaha barang hidup yaitu tanaman. Sehingga, perlu mengetahui cara merawat tanaman hias agar tidak cepat mati. Selain itu, penentuan jenis tanaman hias yang akan dijadikan usaha atau dijual, juga harus dipertimbangkan, khususnya bagi usaha awal. Untuk secara lengkapnya, berikut penulis sajikan informasi mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam membuka usaha budidaya tanaman hias.

Kiat Sukses Usaha Budidaya Tanaman Hias

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Dalam memulai sebuah usaha budidaya tanaman hias, tentunya tidak hanya sistem manajemennya saja seperti modal dan sistem pemasaran yang dipersiapkan. Tetapi, juga penentuan jenis tanaman yang akan dijual dan cara perawatannya harus diketahui. Sebab, tanaman hias merupakan makhluk hidup yang membutuhkan perawatan. Oleh sebab itu, harus ada langkah-langkah persiapan guna memulai bisnis ini.

1. Tentukan Jenis Tanaman Yang Populer

Penentuan jenis tanaman yang populer ini berguna agar dalam mengawali usaha budidaya tanaman hias lebih mudah dalam memasarkannya sebab banyak dicari orang atau populer. Ada 9 jenis tanaman yang cukup populer dan diminati oleh sebagian bear orang, yaitu Anthurium, Aglaonema, Philodendron, Sansevieria, Puring, Nepenthes, Adenium, Kadaka, dan Euphorbia. Namun, Anda juga bisa memilih untuk menentukan jenis tanaman yang murah dan mudah perawatannya.

Tetapi penulis tetap menyarankan agar menentukan jenis tanaman yang populer seperti yang sudah disebutkan di atas. Sebab, selai mudah dalam memasarkan karena banyaknya permintaan, perawatan mudah dan harga jual tergolong tinggi. Anda tidak perlu menjual semua jenis tanaman tersebut, untuk mengawali usaha cukup beberapa jenis dulu saja.

2. Penentuan Lokasi.

Dalam menentukan lokasi, penulis menyarankan lebih baik di taman Anda sendiri atau membuat tempat lokasi sendiri. Tidak berada di pasar atau tempat khusus menjual tanaman hias. Sebab, jika berlokasi di tempat khusus penjualan, persaingan akan sangat tinggi. Berbeda dengan menjual dengan menempatkan tanaman hias di lokasi Anda sendiri, selain persaingan tidak begitu tinggi tanaman hias yang dijual juga akan lebih terkontrol. Oleh karena itu, sebelum membuka usaha ini, persiapkan terlebih dahulu lokasi yang cukup luas dan bisa terkena sinar matahari, sebagaimana kita tahu bahwa tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis.

3. Perawatan Tanaman.

Usaha budidaya tanaman hias juga dibutuhkan perawatan yang intensif. Sebab, jika maka tanaman tidak akan tumbuh dengan baik atau justru mati. Hal tersebut bisa membawa kerugian. Oleh sebab itu, perawatan perlu dilakukan. Hal yang perlu dipersiapkan dan disediakan yaitu air, pot, kantong plastik hitam yang khusus untuk tanaman, dan pupuk. Rawatlah dan terus fokuskan pada setiap tanaman, jika ada hal yang mencurigakan seperti tanaman layu segera lakukan analisis untuk menemukan masalahnya.Maka dari itu, perlu juga disediakan obat-obatan khusus tanaman untuk perawatannya.

4. Pemasaran.

Untuk melakukan pemasaran tanaman hias bisa dilakukan melalui media promosi baik offline maupun secara online. Jangan khawatir tidak ada pelanggan atau lokasi jauh dari tempat khusus pasar tanaman yang banyak dikenal orang. Sebab, orang mencari kualitas bukan pasarnya. Memang, adany pasar tanaman hias bisa mendukung atau kesempatan orang untuk datang cukup besar. Tetapi, hal tersebut bukan lah hal utama yang menjamin usaha Anda laku dan mendapat untung. Yang paling penting yaitu kualitas pelayanan dan kualitas dari tanaman itu sendiri.

Untuk pemasaran, Anda bisa memasarkan atau menawarkan kepada toko atau agen tanaman hias. Bisa juga melalui media online, seperti media sosial dan website. Bisa juga melalui brosur. Yang lebih pening lagi adalah teruslah berjuang tanpa putus asa. Sebab, usaha yang Anda pasarkan bukan milik orang lain, tetapi milik Anda sendiri. Jadi berkembang atau tidaknya usaha Anda tergantung dari bagaimana Anda memasarkannya.

Demikian informasi yang telah penulis sampaikan melalui tulisan ini tentang Kiat Sukses Usaha Budidaya Tanaman Hias. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih,

1 Response to " Kiat Sukses Usaha Budidaya Tanaman Hias "