Cara Memasarkan Produk Usaha Kecil

Strategi Pemasaran Produk Usaha Kecil - Setiap orang yang membuka usaha tentunya ingin usaha bisnisnya lancar dan menguntungkan. Oleh karena itu, untuk mendorong atau menunjang keuntungan dalam sebuah bisnis, dibutuhkan pemasaran yang jitu dan efisien. Agar pemasaran berjalan lancar, tentunya juga harus mengetahui strategi pemasaranStrategi pemasaran produk merupakan hal yang harus ditempuh dan dilakukan untuk mengenalkan atau mempromosikan produk usaha, baik usaha jasa maupun bentuk barang dengan berbagai macam tips dan trik kepada khalayak umum yang akan menjadi konsumen produk usaha Anda. Sebenarnya, cara memasarkan produk usaha cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Khususnya, bagi Anda yang membuka sebuah usaha kecil, tentunya membutuhkan strategi bisnis dalam hal memasarkan produk yang sederhana dan mudah dilakukan.

Sebuah bisnis yang mungkin merupakan usaha rumahan atau usaha sampingan tetap bisa bersaing dengan usaha-usaha yang lain yang bermodal besar atau memiliki pangsa pasar yang luas, bahkan bisa jadi lebih menjanjikan dan menguntungkan. Peluang usaha kecil bisa mendapat keuntungan besar jika dikelola dengan baik, khususnya dalam hal pemasaran. Sebab, peluang usaha baru dengan produk kualitas standard atau produk yang sederhana jika dipasarkan atau dipromosikan dengan baik dan dengan cara unik serta kreatif, akan lebih efektif dalam menarik minat konsumen. Nah, berhubungan dengan hal tersebut, penulis sajikan beberapa tips dan strategi atau cara dalam memasarkan produk, khususnya produk usaha kecil secara kreatif, unik dan sederhana.

Cara Memasarkan Produk Usaha Kecil


Cara Memasarkan Produk Usaha Kecil

1. Hilangkan Malas

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menghilangkan rasa malas. Sebab, malas merupakan sesuatu sepele namun bisa menjadi hambatan terbesar dalam menjalankan usaha, khususnya dalam menjalankan strategi pemasaran. Untuk menghilangkan rasa malas dalam memasarkan produk usaha, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut :
a. Perjelas mimpi Anda. Sebuah mimpi sukses di masa depan. Dengan memperjelas mimpi maka tujuan dan jalan akan menjadi lebih jelas.
b. Realisasi mimpi Anda di masa depan dan rasakan bagaimana jika Anda sukses. Dengan begitu maka secara tidak langsung Anda akan terdorong untuk terus berusaha.
c. Lakukan sebuah usaha atau pemasaran sebagai hobby. Sebab, jika dilakukan sebagai hobby maka tidak akan ada tekanan justru sebagai sesuatu hal yang menarik.
d. Jika Anda seorang pria yang akan menikah, mimpi kan dan tekad kan dalam hati bahwa usaha Anda adalah sebuah sumber pendapatan utama yang akan mempengaruhi jaminan masa depan. Dengan tekad seperti itu maka Anda akan selalu termotivasi.

2. Tentukan Target Pemasaran

Setelah rasa malas mulai menghilang dengan perlahan maka selanjutnya buatlah target pasar. Target pemasaran atau dengan kata lain target yang akan menjadi konsumen harus dibuat terlebih dahulu. Contohnya jika Anda memasarkan sebuah usaha kecil di bidang fashion maka target pasarnya yaitu pelajar, mahasiswa atau kawula muda. Sebab, saat ini mereka lah yang paling memiliki minat dalam fashion. Dengan menentukan target pasar yang jelas maka usaha kecil yang dibangun memiliki calon konsumen yang jelas pula. Selain itu, Target pasar yang jelas akan mempermudah rencana dan strategi pengembangan bisnis Anda.

3. Tentukan Harga

Buatlah patokan harga yang sesuai dengan kualitas produk usaha yang dijual. Jangan berfikir tentang untung dulu tetapi fokus terus pada pemasaran dan harganya. Sebab, laku atau tidak nya sebuah produk usaha tergantung dari keseimbangan antara harga dan kualitas produk yang dijual. Karena, pembeli juga mempertimbangkan hal tersebut.

4. Tentukan Media Pemasaran

Setelah target pasar jelas, berikutnya tentukan media untuk memasarkan produk usaha kecil Anda. Media pemasaran bisa menggunakan brosur, pamflet, banner atau pun media sosial online. Dari beberapa media pemasaran, penulis sarankan menggunakan media brosur dan online. Sebab kedua media tersebut merupakan media pemasaran yang efektif dan tergolong murah bagi pemasaran sebuah usaha kecil.

Jika menggunakan brosur, buatlah brosur semenarik mungkin, jelas, dan singkat. Sebarkan brosur ke lokasi yang banyak memiliki target pasar. Jika menggunakan media sosial, gunakan fb, instagram, twitter, web atau blog. Khusus untuk media sosial online seperti fb, twitter, dan instagram, sesering mungkin lakukan pemasaran secara berkala. Hal ini dilakukan agar orang lain yang melihat iklan Anda melalui media sosial tersebut merasa penasaran.

Media pemasaran yang lain yaitu berkeliling. Tidak perlu gengsi untuk menjual produk usaha Anda dengan berkeliling. Sebab, cara ini termasuk efektif karena sistemnya menjemput konsumen. Sambil menjual produk usaha Anda secara berkeliling, juga bisa sekalian menyebar brosur kepada setiap orang yang ditemui.

5. Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

Kerjasama di sini yaitu lebih menekankan pada bidang yang sama yaitu hal pemasaran. Maksudnya saling membantu dalam hal memasarkan produk. Kerjasama ini bisa dilakukan dan cukup efektif. Dengan kerjasama maka akan terasa lebih ringan dalam memasarkan produk usaha.

6. Beribadah Dan Terus Berdoa

Hal terakhir yaitu teruslah berharap kepada Tuhan. Sebab, rezeki, nasib, dan kesuksesan kita yang merencanakan tetapi Tuhan lah yang memiliki hak mutlak untuk memutuskan sesuatu. Teruslah untuk berdoa agar setiap usaha yang dijalankan mendapat berkah dan bermanfaat.

Dari beberapa tips atau strategi pemasaran produk yang sederhana tersebut bisa menjadikan usaha Anda menarik konsumen jika dilakukan secara terus menerus dan kontinyu. Demikian info tentang Cara Memasarkan Produk Usaha Kecil yang penulis informasikan. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to " Cara Memasarkan Produk Usaha Kecil "

Post a Comment