Usaha Laundry Dan Analisis Usaha Laundry

Memulai Usaha Laundry - Bisnis laundry adalah peluang usaha menguntungkan. Sebab, usaha ini merupakan salah satu usaha jasa yang banyak dibutuhkan orang, khususnya di zaman sekarang. Selain itu, di era saat ini semua orang memiliki kesibukan atau kegiatan yang begitu kompleks sehingga terkadang kegiatan untuk mencuci pakaian mereka pun tidak sempat. Oleh karena itu, usaha laundry menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menggunakan kesempatan ini untuk mendapat keuntungan yang menjanjikan.

Namun, mungkin bagi sebagian orang yang ingin memulai bisnis ini belum mengetahui tentang cara membuka usaha laundry yang baik dan benar. Sebab, ada beberapa cara memulai usaha laundry yang bisa dilakukan. Cara memulai usaha ini sebenarnya tidak terlalu susah, bahkan cenderung mudah dan sederhana. Hanya saja, modal yang dibutuhkan tidak sedikit karena membutuhkan mesin cuci dan setrika. Tapi jangan khawatir, modal usaha laundry bisa ditekan dengan berbagai cara atau strategi usaha laundry. Berhubungan dengan hal tersebut, yuk simak tips usaha laundry yang sederhana dan mudah dilakukan.

Usaha Laundry Dan Analisis Usaha Laundry

Cara Memulai Usaha Laundry

1. Pengetahuan Tentang Cuci Mencuci

Hal pertama yang harus diketahui dan dipahami yaitu tentang ilmu mencuci pakaian. Jangan menganggap remeh tentang pengetahuan dalam hal mencuci pakaian, khususnya dengan memakai mesin cuci. Pengetahuan tentang mencuci pakaian dengan mesin cuci harus dipelajari terutama dalam mengoperasikan mesin cucinya sebab yang dikhawatirkan jika salah dalam mengoperasikan mesin cuci akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan seperti pakaian rusak, atau warna pakaian luntur. Oleh sebab itu, pelajari dulu penggunaan mesin cuci yang baik dan benar.

2. Tentukan Jenis Laundry

Maksud dari penentuan jenis jasa laundry yaitu apakah laundry kiloan atau per pakaian. Jika usaha laundry kiloan maka penentuan harga per kilo, jika per pakaian penentuan harga berdasarkan banyaknya pakaian atau per pakaian. Anda bisa memilih salah satu jenisnya tetapi penulis sarankan jika sedang mengawali usaha laundry sebaiknya per kiloan saja. Sebab, sebagian besar orang menggunakan jasa laundry kiloan daripada per pakaian.

3. Pemilihan Lokasi Usaha

Jangan lupa, tentukan lokasi usaha laundry Anda di tempat yang strategis. Misalnya, di daerah kost, dekat kampus, atau daerah dekat kontrakan karyawan. Lokasi-lokasi tersebut dianggap strategis karena mereka adalah target calon konsumen yang membutuhkan jasa laundry. Sebab, mahasiswa atau karyawan tentunya memiliki banyak kegiatan yang terkadang padat sehingga sampai tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka. Nah, dengan pemilihan lokasi yang tepat dan strategis akan mempermudah usaha laundry Anda berkembang cepat.

4. Persiapan Modal

Modal utama yang harus dipersiapkan yaitu mesin cuci dan setrika. Karena, kedua alat tersebut merupakan alat utama dalam bisnis laundry. Tetapi jika Anda belum memiliki mesin cuci, bisa dengan cuci manual atau menggunakan tangan. Walaupun menyita banyak waktu dan tenaga tetapi tidak ada salahnya dicoba. Uang yang terkumpul bisa dijadikan modal untuk membeli mesin cuci. Jadi tidak ada alasan kesulitan membuka usaha laundry ini. Hanya pada kemauan, kerja keras, dan kesabaran serta selalu berdoa.

5. Pemasaran.

Promosikan jasa laundry Anda melalui berbagai media, seperti media online, pamflet atau sambung informasi (dari mulut ke mulut). Teruslah untuk melakukan pemasaran secara menarik. Bisa dengan mematok harga promo (harga murah), dengan bonus, atau dengan jasa antar laundry. Intinya, buatlah promosi Anda secara menarik dan tentunya promosi yang bertema cepat dan praktis.

Analisis Usaha Laundry

Modal usaha laundry dengan asumsi belum memiliki karyawan.

1. Modal Awal

No
Modal Alat
Jumlah Unit
Harga
1
Mesin cuci
2
Rp 4.000.000
2
Mesin Pengering
1
Rp 1.500.000
3
Setrika
1
Rp    100.000
4
Timbangan Digital
1
Rp    250.000
5
Meja & kursi
0
Rp    300.000

Jumlah Total
5
Rp 6.150.000
2. Biaya Operasioal

No
Biaya Operasional
Harga
1
Listrik / bulan
Rp400.000
2
Tempat Pakaian Kotor
Rp200.000
3
Sabun cuci cair, softener, pelembut
Rp350.000
4
Gantungan Baju / Hanger & Plastik Pembungkus
Rp250.000
5
Alat / Media Pemasaran
Rp150.000

Jumlah
Rp1.350.000
Analisis usahanya apabila Anda memasang harga Rp 3000,-/ kg dengan perkiraan perhari mendapat pesanan cucian minimal 40 kg maka hasilnya 40 kg x Rp 3.000,- = Rp 120.000,-. Jadi per hari pendapatannya Rp 120.000,-

Apabila dikalikan sebulan Rp 120.000,- x 30 hari = Rp 3.600.000,-

Sehingga, laba bersih yang diperoleh dengan menghitung jumlah pendapatan sebulan - biaya operasioanl sebulan = laba bersihnya. Maka, Rp 3.600.000 - Rp 1.350.000 = Rp 2.250.000,-.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sebulan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 2.250.000, -

Itulah artikel tentang Usaha Laundry Dan Analisis Usaha Laundry yang penulis informasikan. Penulis berharap informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membuka usaha laundry. Terimakasih dan salam sukses.

3 Responses to " Usaha Laundry Dan Analisis Usaha Laundry "

  1. Cocok nih usaha laundry..
    yang kerja mesin cucinya..hehehe

    Tapi gimana ya caranya menekan biaya pengeluaran seperti listrik buat egoperasikan mesin cucinya, soalnya tagihan listrik banyak banget..
    mohon tipsnya ya..
    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak bisa dipungkiri salah satu biaya produksi usaha laundry yaitu listrik mas..

      Cara untuk menekan biaya tersebut yaitu berhemat mas..

      Delete
  2. usaha ini akan memiliki prospek yang sangat menjanjikan, terutama pada wilayah perkantoran, kampus, industri dan perumahan. terimakasih telah berbagi informasi yang sangat bermanfaat..
    Aplikasi Kasir Laundry Android

    ReplyDelete