Usaha Sampingan Bagi Kayawan Modal Kecil

Usaha Sampingan Karyawan - Sebagian besar orang ingin memiliki sebuah usaha yang sukses, termasuk karyawan. Seorang karyawan juga memiliki kesempatan membuka sebuah bisnis sebagai peluang usaha sampingan. Tetapi, kendala modal dan keterbatasan waktu mereka sering kali menjadi penghambat dalam membangun sebuah usaha. Selain itu, sebagian karyawan juga masih merasa bingung atau belum mengetahui bisnis apa yang cocok dan bisa dijalankan dengan keterbatasan waktu dan modal.

Usaha Sampingan Bagi Karyawan Modal Kecil



Seiring kebutuhan hidup yang kian kompleks, terkadang gaji bagi beberapa karyawan masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mereka mencari beberapa alternatif usaha sampingan sebagai tambahan pemasukan guna mencukupi kebutuhan yang kian meningkat. Selain itu, alasan mencari peluang usaha sampingan juga sebagai jaminan pemasukan jika sudah pensiun atau sudah tidak bekerja lagi.

Namun, hampir semua karyawan masih berpikir bahwa dalam membangun bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sehingga, banyak para karyawan yang meminjam uang di bank sebagai modal. Jika dikelola dengan baik, kemungkinan besar usaha yang dijalankan akan lancar. Tetapi, jika dikelola dengan kurang baik maka akan menjadi beban bagi usahanya tersebut. Apalagi bagi karyawan yang baru memulai membangun usaha mereka, bisa menjadi stres dan pusing karena tanggungan cicilan pinjaman yang harus dibayar.

Padahal, jika dicermati kembali, tidak semua usaha atau bisnis membutuhkan modal yang besar. Ada beberapa contoh usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil dan tidak memakan banyak waktu. Beberapa usaha ini cocok bagi karyawan yang ingin membuka usaha sampingan, khususnya bagi karyawan yang masih pemula dalam memulai bisnis.

Usaha Sampingan Untuk Karyawan

1. Usaha Jualan Kue

Jika Anda memiliki kemampuan dalam membuat kue, manfaatkan keahlian Anda tersebut sebagai peluang bisnis. Kue yang dijual bisa beraneka macam, seperti kue kering atau kue basah. Produk kue tersebut bisa dipromosikan melalui teman sekantor, tetangga, kerabat atau melalui media online. Walau keuntungan belum seberapa tetapi cukup sebagai tambahan penghasilan Anda. Siapa tahu, beberapa tahun ke depan tanpa terasa Anda sudah memiliki toko kue sendiri. Yang terpenting adalah lakukan usaha sampingan ini langkah demi langkah dan dengan santai. Tidak perlu memburu keuntungan besar dulu, cukup kembangkan promosi kue Anda terlebih dahulu.

2. Usaha Gorengan

Gorengan merupakan makanan camilan yang cukup diminati dan disukai oleh sebagian kalangan masyarakat. Berbagai macam gorengan bisa Anda jual seperti pisang goreng, tahu goreng, tempe mendoan, ketela goreng dan sebagainya. Harga per gorengan bisa dipatok dalam kisaran Rp 500 - Rp 1000. Bayangkan saja jika sehari Anda bisa menjual 50 gorengan dengan kisaran harga tersebut. Cukup menguntungkan bukann? Waktu yang tepat biasa untuk menjual gorengan yaitu waktu sore hari setelah Anda pulang dari kantor.

3. Jualan Juz Buah

Di cuaca yang panas tentunya orang akan mencari minum untuk menghilangkan rasa dahaga mereka. Es jus buah merupakan salah satu pilihan orang untuk menghilagkan rasa haus mereka. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. Usaha minuman es jus tidak terlalu membutuhkan banyak modal, cukup blender, buah-buahan dan gelas plastik sebagai wadahnya. Jika Anda akan mengawali usaha ini, pilihlah buah-buahan yang paling diminati banyak orang dahulu. Jangan langsung membeli banyak buah, belilah buah secukupnya saja karena baru awal. Jika sudah mempunyai pelanggan, silahkan beli banyak buah agar stock buah selalu tersedia ketika orang ingin membeli juz Anda. Harga per juz bisa bervariasi mulai Rp 7000 - Rp 15.000 tergantung dari buahnya.

4. Bisnis Reseller Atau Dropship

Reller atau dropship adalah peluang bisnis yang mudah dan hanya butuh modal kecil. Bisnis ini sangat sederhana dan cocok dijadikan sebagai usaha sampingan. Secara umum, reseller atau dropship yaitu menjualkan atau menjual kembali produk orang lain. Keuntungan yang didapat dari bisnis ini yaitu dengan menaikan harga jual produk Anda dari harga jual grosir. Usaha ini ada berbagai macam jenis seperti fashion, aksesoris dan lain-lain. Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan menginfokan kepada teman kerja, tetangga, atau secara online.

5. Blogging

Jika Anda penghobby tulis menulis, usaha ini bisa Anda jalankan. Usaha ini juga tidak memakan banyak modal. Jika ingin membuat website, Anda harus membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal. Tetapi, jika ingin gratis, Anda juga bisa menggunakan paltform blog gratisan, seperti blogspot.com. Dengan menulis blog, Anda bisa mendapat keuntungan dari iklan yang terpasang pada blog Anda.

Demikianlah artikel seputar Contoh Usaha Sampingan Bagi Karyawan yang haynya dengan modal kecil pun sebuah bisnis dapat dibangun. Tergantung bagaimana Anda mengembangkanya menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menguntungkan. Sekian dari penulis, semoga bermanfaat. Salam sukses.

0 Response to " Usaha Sampingan Bagi Kayawan Modal Kecil "

Post a Comment